BPBD Kota Cirebon

bpbd.cirebonkota.go.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bergerak cepat dalam menanggulangi bencana yang terjadi di wilayahnya. Seperti kejadian tanah longsor dan pohon tumbang yang terjadi di Sungai Cikalong, Kelurahan Harjamukti, 08 Februari 2021. Hujan dengan intensitas tinggi sejak Minggu (07/02) menyebabkan debit aliran sungai mengalir deras dan mengakibatkan tergerusnya senderan Sungai Cikalong dan tumbangnya pohon besar jenis rengas.

Wali Kota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., mengatakan telah mengintruksikan dinas terkait untuk segera melakukan tindakan penanganan bencana yang terjadi di bibir sungai yang terkikis air di Harjamukti. Menindaklanjuti perintah tersebut, Kepala BPBD Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar, S.T., menuturkan bahwa “Untuk penanganan tanah terkikis air dan pohon tumbang di Sungai Cikalong Kelurahan Harjamukti, BPBD telah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung serta sejumlah dinas lain seperti DPUPR, DPRKP dan DLH.” Khaerul berharap gerak cepat Pemda dan BBWS Cimanuk-Cisanggarung ini, akan membuat fungsi Sungai Cikalong normal kembali.

BPBD dikawal Satpol PP dalam memotong ranting, dahan, dan batang pohong rengas yang jatuh menghalangi aliran sungai tersebut. Kejadian ini menyebabkan adanya penutupan jalan utama dikarenakan dapat menimbulkan keramaian dan menghambat proses penanganan. BPBD juga dibantu oleh sejumlah personil DLH dalam pengangkutan sampah dan batang pohon di Sungai Cikalong Kelurahan Harjamukti.

Zaenudin, warga RT. 02 Kelurahan Harjamukti Kota Cirebon, mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Pemda Kota Cirebon dalam meminimalisir bencana yang ada di daerahnya.

Sumber : cirebonkota.go.id

 

(rvd/rvd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *