BPBD Kota Cirebon

bpbd.cirebonkota.go.id – Bencana Hidrometeorologi, merupakan bencana yang disebabkan oleh parameter meteorologi, seperti angin, curah hujan, kelembapan dan temperatur. Menurut data yang dirilis oleh BNPB, jumlah kejadian bencana hidrometeorologi meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yang diduga disebabkan karena meningkatnya aktivitas manusia dan kerusakan lingkungan hidup. Memasuki awal tahun 2023, Jawa Barat khususnya Kota Cirebon dihadapi dengan keadaan cuaca yang cukup esktrem, tercatat 2 kali kejadian banjir di Kota Cirebon pada bulan Oktober dan Desember 2022 lalu.

Dok : Pusdalops PB BPBD Kota Cirebon

Dalam upaya meningkatkan Kesiapsiagaan menghadapi bencana, Pemerintah Kota Cirebon berserta seluruh Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan segenap unsur penanggulangan Bencana mengikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi Tingkat Kota Cirebon Tahun 2023, pada hari selasa (07/02/2023) bertempat di Balaikota Cirebon.

Bertindak selaku Pembina Apel yaitu Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf. Robil Syaifullah berpesan “Diselenggarakannya apel kesiapsiagaan penanda bahwa Kota Cirebon telah siapsiaga, siap kolaborasi, dan siap koordinasi untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, baik itu dalam bentuk upaya mitigasi maupun tanggap darurat” ungkapnya kepada peserta apel yang hadir. Tidak hanya itu, pembina apel juga menegaskan “Kolaborasi dan koordinasi adalah kunci. kolaborasi dan koordinasi adalah prinsip. kolaborasi dan koordinasi adalah satu hal penting yang harus kita pedomani bersama. mengatasi bencana tidak dapat dilakukan oleh satu atau dua pihak saja, tetapi semuanya harus terlibat di dalamnya.”

Pada kesempatan ini, Walikota Cirebon Drs. Nashrudin Azis, SH didampingi unsur Forkopimda melakukan pengecekan peralatan dan perlengkapan penanggulangan bencana yang dimiliki oleh BPBD Kota Cirebon.
Apel Kesiapsiagaan Tahun 2023 ini diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah Kota Cirebon, Komando Distrik Militer 0614/Kota Cirebon, Polisi Resor Cirebon Kota, Korps Kepolisian Perairan dan Udara, Pengadilan Negeri Kota Cirebon, Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, DPRD Kota Cirebon, Lanal Cirebon serta unsur Tagana, Pramuka, PMI, DESTANA dan seluruh unsur Kecamatan serta Kelurahan di Kota Cirebon.
Dengan diadakannya apel ini diharapkan seluruh komponen yang terlibat mampu siapsiaga dalam menghadapi bencana.


Unit Data Informasi
PUSDALOPS PB // MK
editor : Norm