BPBD Kota Cirebon

bpbd.cirebonkota.go.id – Angin timuran diprediksi sangat dominan akibat dari kuatnya monsun Australia dalam sepekan kedepan. Monsun Australia konsisten berhembus kencang hingga mencapai 30 knot pada lapisan menengah hingga atas. Hal ini menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia secara umum cenderung rendah.

Aktivitas gelombang Rossby Ekuator dan Kelvin yang diprakirakan persisten di wilayah Timur Indonesia, khususnya di Laut Banda, Laut Arafuru dan Laut Flores pada pertengahan hingga akhir minggu. Hal ini akan meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sulawesi Bagian Selatan, Kep. Nusa Tenggara, Bali, Maluku dan Papua Bagian Selatan. Kondisi OLR menunjukkan keadaan lembap di Sebagian wilayah Indonesia Bagian Tengah, Utara serta Timur Indonesia termasuk diantaranya Sumatera Bag Tengah dan Utara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara. Faktor-faktor tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan masih signifikan di akhir minggu ini. Sementara itu MJO berada di kuadran 1 kemudian diprakirakan bergerak ke kuadran 2 (Indian Ocean) dalam seminggu kedepan, dimana akan cukup berkontribusi dalam peningkatan curah hujan bila memasuki Samudera Hindia.

Nilai IOD masih cenderung signifikan negatif dan anomaly SST hangat masih memberikan potensi pembentukan awan hujan di Pesisir Barat Sumatera dan Sumatera Bagian Selatan. Serta, pola angin lapisan 925 – 700 hpa di wilayah Indonesia bagian barat banyak dipengaruhi oleh dinamika atmosfer dari Samudera Hindia dengan dominan arah barat daya – barat laut yang membawa udara lembab dari Samudera Hindia. Selain itu, terdapat pembentukan vortek di Samudera Hindia pada Barat-Barat daya Sumatera, dan utara Papua. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi pola konvergensi dan shear diprakirakan mendominasi wilayah Sumatera Bagian Selatan, Kalimantan Bagian Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Bagian Barat, Maluku Bagian Tenggara dan Papua.

 

Potensi hujan sedang-lebat dalam sepekan kedepan diprakirakan terdapat di wilayah Pesisir Barat Sumatera, P. Kalimantan, P. Sulawesi, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Kondisi cuaca pada periode ini akan didominasi dengan cerah hingga berawan di Jawa, Bali, NTB, dan NTT. Hujan ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di Sumatera bagian Utara dan Tengah, dan Sulawesi Bag Utara. Hujan berintensitas sedang hingga lebat diprakirakan terjadi di Aceh, Bengkulu, Sumatera Barat, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kaliman Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

 

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu kedepan di wilayah.

Sumber : BMKG

 

(rvd/rvd)