BPBD Kota Cirebon

bpbd.cirebonkota.go.idDiprakirakan dalam sepekan ke depan angin timuran sangat dominan akibat dari monsun Australia dalam sepekan kedepan. Monsun Australia berhembus kencang hingga mencapai 30 knot pada lapisan menengah hingga atas. Hal ini menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia secara umum cenderung rendah. Meski demikian aktivitas gelombang Rossby Ekuator dan Kelvin yang diprakirakan persisten di wilayah Indonesia, khususnya di bagian selatan dan timur Indonesia, akan meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sumatera bag Selatan, Kalimantan, Sulawesi bag selatan, Jawa, Maluku, dan Papua. Kondisi OLR menunjukkan keadaan lembap di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk diantaranya Sumatera, Kalimantan bag Selatan, P. Jawa, Sulawesi Bag Selatan, Bali, Kep. Nusa Tenggara, Maluku Bag. Tenggara, dan Papua. Faktorfaktor tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awanawan hujan masih signifikan di pekan ini. Sementara itu MJO berada di kuadran 1 kemudian diprakirakan masih berada di kuadran tersebut dalam seminggu kedepan dimana tidak berkontribusi dalam peningkatan curah hujan.

Nilai IOD yang signifikan negatif dan anomaly SST meningkatkan potensi pembentukan awan di hujan di Pesisir Barat Sumatera dan Jawa Bagian Barat. Serta, pola angin lapisan 925 700 hpa di wilayah Indonesia bagian barat banyak dipengaruhi oleh dinamika atmosfer dari Samudera Hindia. Terdapat pembentukan vortek di Samudera Hindia pada barat-barat daya Sumatera, dan utara Papua. Faktorfaktor tersebut mempengaruhi pola konvergensi dan shear diprakirakan mendominasi wilayah Sumatera Bagian Selatan, Kalimantan Bagian Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Bagian Barat, Maluku Bagian Tenggara dan Papua.

Hujan berintensitas sedang hingga lebat diprakirakan terjadi di Jawa Barat.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (angin puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu kedepan.

Sumber : BMKG

 

(rvd/rvd)