BPBD Kota Cirebon

bpbd.cirebonkota.go.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat melakukan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Cirebon, Rabu (16/12/2020). Sosialisasi AKB merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara bergiliran di Kab/Kota se-Jawa Barat. Kegiatan dilakukan di Ruang Adipura Kencana, Balai Kota Cirebon dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., dan didampingi  beberapa instansi terkait seperti BPBD, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kota Cirebon.

Dalam pertemuan ini, BPBD Prov. Jabar menjelaskan beberapa materi tentang Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru dan wilayah-wilayah yang termasuk zona risiko rendah, menengah, dan tinggi. BPBD Prov. Jabar menyampaikan bahwa Kota Cirebon merupakan wilayah dengan risiko menengah covid-19 disebabkan oleh semakin masifnya kasus terkonfirmasi covid-19.

“Di pertengahan bulan Desember ini, kasus terkonfirmasi covid-19 di Kota Cirebon naik 2 digit setiap harinya. Bahkan sampai menyentuh angka 88 dalam sehari” ujar Sekda Kota Cirebon. Semakin meningkatnya kasus terkonfirmasi covid-19 membuat ruang rawat di rumah sakit penuh, sehingga membuat pemerintah daerah menyewa 2 hotel untuk pasien terkonfirmasi covid-19.

Dalam kesempatan kali ini, BPBD Prov. Jabar memberikan peralatan untuk kampanye AKB di Kota Cirebon yang diserahkan langsung kepada Sekda Kota Cirebon. Setelah pertemuan ini, Satgas Covid-19 Kota Cirebon bersama BPBD Provinsi melaksanakan Patroli Kedisiplinan Protokol Kesehatan yang bertempat di Jl. Cipto Mangunkusumo.

Dari hasil patroli ditemukan masih banyak warga yang tidak memakai masker sehingga diberikan sanksi berupa membersihkan jalan. Semoga dengan seringnya dilaksanakan kegiatan sosialisasi seperti ini, menjadikan warga sadar dan taat akan protokol kesehatan. Ayo pakai masker, selalu cuci tangan, dan menjaga jarak!

 

(mk/rvd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *